Minggu, 29 Maret 2009

Cara Menanggulangi bau keringat

Diposting oleh Afdhal di 05.25

Melakukan olahrag untuk memperoleh kebugaran jasmani, telah disadari dan dilakukan orang. Namun sayng, ada sebagian kecil diantara kita yang enggan melakukan bukan karena tidak tahu manfaatnya, melainkan merasa terganggu dengan hal – hal yang sifatnya sepele.

“kalau melakukan olahraga, saya khwatir akan mandi keringat. Kalau sudah begini seluruh tubuh , ketiak , telapak kaki sampai sekitar kamluan berbau kurang sedap,,,” keluh seorang wanita yang megaku terpaksa kurang aktif berolahraga.

Kedegarannya agak aneh. Terpaksa tidak berolah raga gara-gara takut berkeringat. Padahal setiap orang yang berolahraga akan berkeringat atau mengeluarkan keringat.

Bahkan tidak jarang orang menyamakan kegiatan olahraga dengan upaya mencari keringat. Berkeringat merupakan hal yang biasa meskipun pada sebagian orang justru menimbulkan masalah.

Berkeringat merupakan mekanisme yang normal dari tubuh. Maksud tubuh mengeluarkan keringat adalah untuk mendinginkan tubuh. Temperatur tubuh dikendalikan oleh pusat pengatur panas yang terdapat dalam hypothalamus diotak. Pusat pengatur panas ini bekerja seperti thermostat.

Adapun cara menggaluangi bau keringat itu adalah keadaan biasa, bau keringat yang disebabkan oleh bakteri mudah ditanggulangi dengan cara mandi secara teratur , memakai pakaian dari bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun dan setiap hari ganti baju. Banyak orang yang semulanya mempunyai problem dengan bau keringat ini ternyata berhasil menggulanginya dengan cara menjaga kebersihan diri sebaik – baiknya , terutama bagian tubuh yang “rawan” seperti ketiak,puting susu, lipat paha dan sebagainya.

Dipasaran memang banyak bahan yang ditawarkan menghilangkan bau keringat, mulai dari bentuk cair , krem sampai semprot. Kesemuanya dapat dibedakan menjadi dua tujuan , yakni sebagai deodorant dan anti perspiran atau mencegah keluarnya keringat, deodoran terdiri dari alkohol dengan parfum yang gunanya untuk menutupi bau keringat, tanpa mangganggu keluarnya keringat.

Sedangkan anti perspiran adalah obat . bahan bakunya adalah pembunuh kuman untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bau, parfum, lotion,atau krim, juga garam aluminium atau zink yang menutupi pori – pori dan mencegah keluarnya keringat.

1 komentar on "Cara Menanggulangi bau keringat"

Anonim mengatakan...

teman2.. coba visit link ini deh.. semoga bisa membantu.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1875797

Posting Komentar

 

,